60 Relawan PMI Grobogan Siaga Selama Musim Hujan

By Humas PMI Kab. Grobogan 12 Feb 2020, 12:47:35 WIB
60 Relawan PMI Grobogan Siaga Selama Musim Hujan

Sebanyak 60  relawan PMI Kabupaten Grobogan akan siaga 24 jam selama musim penghujan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. Bencana memang tidak pernah diharapkan, namun jika terjadi bencana maka relawan PMI siaga bersama masyarakat untuk mengatasinya.

Hal itu ditegaskan Kasi Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan, Gesit Kristyawan A.Ma, MA saat sidak di Posko PMI Kabupaten Grobogan, Selasa, 21 Januari 2020.

”Setelah sidak di posko, relawan PMI Grobogan dinilai siap dan paling oke. Maka, sehingga nantinya setiap ada kejadian siap mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujar dia.

Gesit mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang menolong siapa saja yang membutuhkan tanpa membeda-bedakan. Kehadiran sudah diterima masyarakat luas sebagai perhimpunan yang memberikan pertolongan kepalangmerahan secara cepat dan efektif.

”Tugas kemanusiaan yang diemban PMI dilandasi tujuh prinsip gerakan Palang Merah yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. PMI Klaten harus terus meningkatkan pelayanan sesuai perkembangan masyarakat baik penanganan bencana alam, unit transfusi darah, pelayanan pertolongan pertama, sosial dan kesehatan,” tegas Gesit.

PMI terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat tentang nilai-nilai kemanusiaan dan terus melakukan pembinaan generasi muda yang terhimpun dalam Palang Merah Remaja (PMR), Korps Suka Rela (KSR) dan Tenaga Suka Rela (TSR) sehingga peran dan kiprah PMI makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Gesit menambahkan, sesuai Undang-Undang (UU) No