Ekstrakurikuler (Ekskul) PMR Memang Cool

By Humas PMI Kab. Grobogan 23 Agu 2018, 21:45:02 WIB
Ekstrakurikuler (Ekskul) PMR Memang Cool

 

Membaca Portal Grobogan dan beberapa media online sambil beristirahat di rumah saya menemukan beberapa berita yang terkait dengan kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka memperingati hari lahirnya yang ke 73. Saya ternyata lupa bahwa tanggal 17 September adalah hari kelahiran organisasi PMI yang merupakan organisasi yang pertama kali didirikan setelah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Singkatnya Umur PMI hanya sebulan lebih mudah dari umur NKRI.

Mendengar PMI yang terlintas dibenak masyarakat adalah darah. Ya, karena sudah jadi pengetahuan umum bahwa masyarakat yang memerlukan darah biasanya terlebih dahulu menghubungi PMI setempat, bila tidak terpenuhi barulah mencari donor darah dari orang-orang terdekat dan kenalan. Memang hal ini tidak salah karena salah satu kegiatan utama PMI adalah di bidang donor darah, namun selain itu PMI mempunyai sangat banyak kegiatan yang terkait bidang kesehatan dan pengobatan yang menyasar segala golongan dan usia termasuk di kalangan para pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan PMI dikalangan para pelajar tingkat SMP dan SMA adalah Palang Merah Remaja (PMR). PMR menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang sangat bermanfaat untuk diikuti oleh para remaja. Sesuai dengan nama dan organisasi yang menaungi pembinaannya, PMR lebih fokus mengajarkan para remaja terkait kesehatan dan pengobatan. Biasanya PMI menjadi ekskul favorit bagi para remaja yang bercita-cita menjadi dokter, bidan, perawat atau yang berhubungan dengan kesehatan dan pengobatan. Mungkin karena itu kadang-kadang PMR relatif kurang peminatnya dibanding ekskul seperti Pramuka ataupun Paskibra. Padahal kegiatan dalam ekskul PMR tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan pengobatan, namun sangat banyak kegiatan yang sangat berma