Enam Anggota PMI dari Wilayah Indonesia Timur Belajar Penanganan Bencana di Grobogan

By Humas PMI Kab. Grobogan 19 Nov 2019, 11:59:16 WIB
Enam Anggota PMI dari Wilayah Indonesia Timur Belajar Penanganan Bencana di Grobogan

Enam Anggota PMI dari Wilayah Indonesia Timur Belajar Penanganan Bencana di Grobogan

 

PMI Grobogan kedatangan tamu enam anggota PMI dari wilayah Indonesia timur. Yakni, dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Kepala Markas PMI Grobogan Djasman mengatakan, tamu dari wilayah timur itu sengaja datang ke Grobogan untuk belajar tentang penanggulangan bencana. Mereka akan studi banding selama tiga hari, mulai Rabu kemarin sampai Jumat (25/10/2019) besok.

Ada beberapa hal yang akan dipelajari. Antara lain, manajemen markas, posko, penanggulangan bencana, mekanisme pemberian bantuan, pengelolaan sumber daya relawan, unit donor darah dan ambulans.

Menurutnya, mereka itu merupakan bagian dari rombongan sebanyak 16 orang yang melakukan studi banding di Provinsi Jawa Tengah. Selain di Grobogan, beberapa orang yang lainnya melakukan studi banding di PMI Kabupaten Semarang dan PMI Provinsi Jateng.

“Jumlah rombongan ada 16 orang yang berasal dari delapan kabupaten dari empat provinsi tersebut. Dari 16 orang itu, sebanyak enam orang berada di Grobogan,” jelasnya, Kamis (24/10/2019).

Djasman menambahkan, selama di Grobogan, para relawan dari wilayah Indonesia timur tersebut akan didampingi tim yang memiliki ketrampilan di bidangnya masing-masing. Tidak hanya itu, mereka juga diajak ke lapangan untuk melihat mekanisme penanggulangan bencana dan proses pemberian bantuan.

Sementara itu, staf penanggulangan bencana PMI Kota Jayapura Hery Renold Gedi merasa senang bisa menimba ilmu di Grobogan. Disamping itu, ia dan rekannya juga berkesempatan langsung ikut mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Lajer, Kecamatan Penawangan dan melihat kegiatan donor darah di SMAN 1 Godong pada hari ini.

“Ini pengalaman yang luar biasa karena tidak bis