Kabupaten Rembang Jadi Tuan Rumah Latgab Se-Jateng

By Humas PMI Kab. Grobogan 21 Nov 2019, 09:44:35 WIB
Kabupaten Rembang Jadi Tuan Rumah Latgab Se-Jateng

Kabu

paten Rembang Jadi Tuan Rumah Latgab Se-JatengPengurus, kepala markas, staf bidang SDM, dan relawan PMI se-Jateng berkumpul bersama di Kabupaten Rembang. Mereka hadir untuk mengikuti latihan gabungan (latgab) relawan. Lokasinya dipusatkan di Desa Trenggulunan, Kecamatan Pancur.

Latihan gabungan ini berlangsung tiga hari ke depan (30-2 September). Selama pelatihan ini, 150 peserta dibekali materi kepalangmerahan, pertolongan pertama, vertical rescue, assessment, dan posko. Selain teori dasar mereka juga diajak praktik.

Selama latihan gabungan, mereka menginap di rumah penduduk. Ini sekaligus menjadi ajang promosi destinasi wisata. Kebetulan di lokasi latgab lokasinya dingin dan ada kebun wisata buah naga. ”Saya berharap, semua peserta senang berada di Desa Trenggulanan. Sebab, suasananya adem dan pemandangan alamnya bagus,” kata Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto yang juga ketua PMI Rembang Bayu Andriyanto.

Sementara itu, Bayu menuturkan, kegiatan ini bertujuan membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap relawan PMI Korwil I Jateng, agar dapat melaksanakan tugas-tugas kepalangmerahan sesuai prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.

Ada 11 kabupaten yang ikut di latgab ini. Di antaranya senior korwil I eks Karesidenan Pati dan Semarang. ”Hal ini menjadi kebanggaan kami (Kabupaten Rembang, Red) bisa menjadi tuan rumah (latgab). Saya minta maaf apabila menjadi tuan rumah masih banyak kekurangan, mulai dari tempat maupun penyajian,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Markas PMI Jateng Mu’rifah menyampaikan apresianya kepada Korwil I