Mengenal Bulan Dana PMI Kabupaten Grobogan

By Humas PMI Kab. Grobogan 12 Jul 2021, 08:43:01 WIB
Mengenal Bulan Dana PMI Kabupaten Grobogan

Salah satu Organisasi yang mengumpulkan dana untuk membantu penderitaan sesama manusia tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, jenis kelamin, bahasa atau golongan dan pandangan politik dan itu hampir menyeluruh di Indonesia adalah Palang Merah Indonesia.

Setiap Kabupaten/Kota melakukan upaya mobilisasi sosial melalui pengumpulan dana umat lewat bulan dana PMI. Panitia penggalangan dana PMI dibentuk secara langsung oleh PMI Kabupaten/Kota untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk menyumbang PMI secara Ikhlas atau  sukarela dalam rangka membantu meringankan penderitaan sesama manusia.

Selain itu, bulan dana PMI merupakan bentuk keterlibatan masyarakat dalam menyumbang PMI di bidang kemanusiaan dan sebagai upaya pembelajaran masyarakat agar memiliki jiwa kemanusiaan dan jiwa kesetiakawanan sosial.

Pihak PMI Kabupaten/Kota dalam menggali dana mengacu pada regulasi Undang-undang tahun 1961 tentang pengumpulan uang dan barang,

Undang-undang RI No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Anggaran Dasar / Angaran Rumah Tangga PMI,  Surat dari PMI Prov masing-masing Provinsi, perihal Juklak Penyelenggaraan Bulan Dana PMI, Hasil rapat pembentukan panitia Bulan Dana PMI, Surat izin operasional Bapak Bupati atau walikota, tentang pemberian  izin pengumpulan sumbangan kepada PMI, dan Surat Keputusan Ketua PMI Kab/kota No. tentang susunan panitia bulan dana PMI.

Obyek pengumpulan dana PMI yang sering di pilih adalah, Setiap pamong Desa atau perangkat, Izin pertunjukan orang punya khajat, Warung nasi, warung bumbu diluar pasar, Pengusaha selepan padi, Ruma