Natal dan Tahun Baru 2019, PMI Bersiaga di Dua Titik

By Humas PMI Kab. Grobogan 26 Des 2018, 11:25:30 WIB
Natal dan Tahun Baru 2019, PMI Bersiaga di Dua Titik

Natal dan Tahun Baru 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan menyiagakan posko penanggulangan pertolongan pertama selama 24 jam di dua titik. Posko itu terletak di Markas PMI dan Alun - alun Purwodadi bersama Dinas Kesehatan

Menurut Kasi PB dan Yansos PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristyawan, untuk posko di pusat keramaian di Alun - alun Purwodadi, Petugas dibagi menjadi tiga paruh waktu (shift) untuk bersiaga. Terdapat seorang sopir dan dua anggota korps sukarela.

Gesit mengaku dalam siaga Natal dan Tahun Baru 2019, tidak ada prioritas dalam penanggulangan pertolongan pertama. Nantinya jika terdapat kejadian darurat yang membutuhkan penanganan medis dengan segera akan berkoordinasi dengan kepolisian.

Teknisnya nanti, anggota kepolisian setempat bekerja sama dengan anggota PMI. Anggota PMI yang bersiaga tersebut akan menghubungi markas untuk segera mengerahkan anggotanya ke lokasi yang membutuhkan pertolongan pertama.

"Nanti saat terjadi kejadian mereka langsung lapor ke markas. Kita pasti standby dan langsung meluncur ke TKP," ujar Gesit.

Keberadaan 2 ambulans yang dimiliki oleh PMI dianggap membantu proses penanganan pertolongan pertama pada masa hari besar keagamaan dan tahun baru. Hal itu disebabkan pada masa itu, dipastikan Alun – alun Purwodadi padat dengan keramaian dan kondisi lalu lintas yang biasanya mengalami kemacetan.